Info Penerjemah di Sunter - Pulomas - Cempaka putih - Kemayoran

Sejak dahulu kawasan ini merupakan pelabuhan prasejarah sejak zaman penyebaran agama Hindu, dan kemudian oleh pemerintah kolonial Belanda Tanjung Priok benar-benar dikembangkan menjadi kawasan pelabuhan komersial pada akhir abad ke-18.
Kata Tanjung Priok berasal dari kata tanjung yang artinya daratan yang menjorok ke laut, dan priok (periuk) yaitu semacam panci masak tanah liat yang merupakan komoditas perdagangan sejak zaman prasejarah.
Anggapan nama Tanjung Priok berasal dari tokoh penyebar Islam Mbah Priuk menurut pendapat budayawan Betawi Ridwan Saidi dan sejarawan Alwi Shahab adalah salah, karena kawasan ini sudah bernama Tanjung Priok jauh sebelum kedatangan Mbah Priuk pada tahun

Sunter Agung juga dikenal dengan nama Sunter Podomoro. Di sini terdapat danau buatan yaitu Danau Sunter. Danau ini sering dipakai untuk olah raga ski air, memancing dan tempat wisata. Untuk shopping di sunter terdapat Sunter Mall yang cukup lengkap. Juga ada beberapa supermarket seperti Superindo, Alfa dll. Sedikit ke arah selatan ada kota baru bandar Kemayoran di mana terdapat banyak sekali apartemen dan juga MGK, di mana juga sudah terdapat Hypermart Matahari dan Centro.
Kelurahan ini berbatasan dengan Plumpang Semper di sebelah utara, Kemayoran di sebelah barat, Kelapa Gading di sebelah timur dan Cempaka Mas di sebelah selatan.

Pulomas adalah sebuah halte Transjakarta yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Halte ini berada di Koridor 2 yang membentang dari barat ke timur. Halte ini berdekatan dengan Pulomas, Mal Kelapa Gading, dan La Piazza.

Kecamatan Cempaka Putih yang terletak di Jakarta Pusat adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Senen.

Cempaka Putih berbatasan dengan Kemayoran di sebelah utara, Johar Baru dan Senen di sebelah barat, Pulogadung di sebelah timur, dan Matraman di sebelah selatan. Cempaka Putih terletak di bahu Jalan Letjen Suprato. Ada berberapa universitas di cempaka putih seperti Universitas Yarsi. Disana juga ada Jalan Cempaka Putih Raya yang ada restoran restoran dan minimarket.

Daftar Kelurahan
Rawasari, Cempaka Putih dengan kode pos 10570, Cempaka Putih Timur, Cempaka Putih dengan kode pos 10510, Cempaka Putih Barat, Cempaka Putih dengan kode pos 10520.